Istilah-istilah dalam dunia internet bagian 2

Istilah-istilah dalam dunia internet bagian 2



DSL
Digital Subscriber Line. Suatu cara transfer data lewat saluran telephone reguler. Sirkuit DSL dikonfigurasikan untuk menghubungkan dua tempat yang khusus, seperti pada sambungan Leased Line (DSL tidak sama dengan Leased Line). Koneksi lewat DSL tambah lebih cepat dibanding dengan koneksi lewat saluran telephone reguler meskipun keduanya keduanya sama memakai kabel tembaga. Konfigurasi DSL sangat mungkin upstream ataupun downstream jalan pada kecepatan yang tidak sama (saksikan ASDL) ataupun dalam kecepatan sama (saksikan SDSL). DSL tawarkan alternatif yang lebih murah dibanding dengan ISDN.

Download
Arti untuk aktivitas menyalin data (umumnya berbentuk file) dari suatu computer yang terhubung dalam suatu network ke computer lokal. Sistem download adalah kebalikan dari unggah.

Downstream
Arti yang mengacu pada kecepatan aliran data dari computer lain ke computer lokal lewat suatu network. Arti ini adalah kebalikan dari upstream.

Email
Electronic Mail. Pesan, umumnya berbentuk teks, yang diantar dari satu alamat ke alamat lain di jaringan internet. Suatu alamat e-mail yang mewakili banyak alamat e-mail sekalian dikatakan sebagai mailing daftar. Suatu alamat e-mail umumnya mempunyai format sejenis username@host. domain, umpamanya : myname@mydomain. com.

Firewall
Gabungan dari hardware ataupun software yang memisahkan suatu network jadi dua atau lebih sisi untuk argumen keamanan.

FTP
File Transfer Protocol. Protokol standard untuk aktivitas lalu-lintas file (unggah ataupun download) pada dua computer yang terhubung dengan jaringan internet. Beberapa system FTP mensyaratkan untuk dibuka cuma oleh mereka yang mempunyai hak karenanya dengan mengguinakan login spesifik. Beberapa lagi bisa dibuka oleh umum dengan cara anonim. Website FTP sejenis ini dimaksud Anonymous FTP.

Gateway
Dalam artian tehnis, arti ini merujuk pada penyusunan hardware ataupun software yang menterjemahkan pada dua protokol yang tidak sama. Pengertian yang lebih umum untuk arti ini yaitu suatu mekanisme yang sediakan akses ke suatu system lain yang terhubung dalam suatu network.

GPRS
General Packet Radio Service. Salah satu standard komunikasi wireless (nirkabel). Dibanding dengan protokol WAP, GPRS mempunyai keunggulan dalam kecepatannya yang bisa meraih 115 kbps serta ada support aplikasi yang lebih luas, termasuk juga aplikasi grafis serta multimedia.

Home Page/Homepage
Halaman muka dari suatu website situs. Pengertian yang lain yaitu halaman default yang diset untuk suatu browser.

Host
Suatu computer dalam suatu network yang sediakan service untuk computer yang lain yang tersambung dalam network yang sama.

HTML
Hypertext Markup Language, adalah salah satu varian dari SGML yang dipakai dalam pertukaran dokumen lewat protokol HTTP.

HTTP
Hyper Text Transfer Protocol, protokol yang didisain untuk mentransfer dokumen HTML yang dipakai dalam World Wide Situs.

HTTPD
Saksikan World Wide Situs.

IMAP
Internet Message Access Protocol. Protokol yang didisain untuk terhubung e-mail. Protokol yang lain yang kerap dipakai yaitu POP.

Internet
Beberapa besar network yang membuat jaringan inter-koneksi (Inter-connected network) yang terhubung lewat protokol TCP/IP. Internet adalah lanjutan dari ARPANet. serta kemungkinan adalah jaringan WAN yang paling besar yang ada sekarang ini.

Intranet
Suatu jaringan privat dengan system serta hirarki yang sama juga dengan internet tetapi tak terhubung dengan jaringan internet serta cuma dipakai secar internal.

IP Address
Alamat IP (Internet Protocol), yakni system pengalamatan di network yang direpresentasikan dengan sederetan angka berbentuk gabungan 4 deret bilangan pada 0 s/d 255 yang semasing dipisahkan oleh sinyal titik (.), dari mulai 0. 0. 0. 1 sampai 255. 255. 255. 255.

ISDN
Integrated Services Digital Network. Pada intinya, ISDN adalah merupakan jalan untuk melayani transfer data dengan kecepatan lebih tinggi lewat saluran telephone reguler. ISDN sangat mungkin kecepatan transfer data sampai 128. 000 bps (bit per detik). Tak seperti DSL, ISDN bisa dikoneksikan dengan tempat lain seperti saluran telephone, selama tempat itu juga terhubung dengan jaringan ISDN.

ISP
Internet Service Provider. Sebutan untuk penyedia service internet.

Leased Line
Saluran telephone atau kabel fiber optik yang disewa untuk pemakaian sepanjang 24 jam satu hari untuk menghubungkan satu tempat ke tempat yang lain. Internet berkecepatan tinggi umumnya memakai saluran ini.

Login
Inginal untuk terhubung suatu system yang tertutup, terbagi dalam username (juga dimaksud login name) serta password (keyword).

Mailing List
Juga kerap diistilahkan juga sebagai milis, yakni suatu alamat e-mail yang dipakai oleh sekumpulan pemakai internet untuk lakukan aktivitas ganti menukar info. Tiap-tiap pesan yang diantar ke alamat suatu milis, dengan cara automatis bakal diteruskan ke alamat e-mail semua anggotanya. Milis biasanya digunakan juga sebagai fasilitas diskusi atau pertukaran info di antara beberapa anggotanya.

MIME
Multi Purpose Internet Mail Extensions. Ekstensi e-mail yang di ciptakan untuk memudahkan pengiriman berkas lewat attachment pada e-mail.

MTA
Mail Transport Agent. Piranti lunak yang bekerja mengantarkan e-mail pada user. Adapun program untuk membaca e-mail di kenal dengan arti MUA (Mail User Agent).

Network
Dalam terminologi computer serta internet, network yaitu beberapa kumpulan dua atau lebih system computer yang digandeng serta membuat suatu jaringan. Internet sesungguhnya yaitu suatu network dengan taraf yang sangatlah besar.

NNTP
Network News Transfer Protocol. Protokol yang dipakai untuk terhubung atau transfer artikel yang diposkan di Usenet news. Program pembaca news (news reader) memakai protokol ini untuk terhubung news. NNTP bekerja diatas protokol TCP/IP dengan memakai port 119.

Node
Satu computer tunggal yang tersambung dalam suatu network.

Packet Switching
Suatu cara yang dipakai untuk memindahkan data dalam jaringan internet. Dalam packet switching, semua paket data yang di kirim dari suatu node bakal dipecah jadi bagian-bagian. Tiap-tiap sisi mempunyai info tentang asal serta maksud dari paket data itu. Hal semacam ini sangat mungkin beberapa besar potongan-potongan data dari beragam sumber diantar dengan cara berbarengan lewat saluran yang sama, untuk lalu diurutkan serta diarahkan ke rute yang tidak sama lewat router.

PERL
Suatu bhs pemrograman yang di kembangkan oleh Larry Wall yang kerap digunakan untuk mengimplementasikan script CGI di World Wide Situs. Bhs Perl diimplementasikan dalam suatu interpreter yang ada untuk beragam jenis system operasi, salah satunya Windows, Unix sampai Macintosh.

POP
Post Office Protocol. Protokol standard yang dipakai untuk mengambil atau membaca e-mail dari suatu server. Protokol POP yang paling akhir serta paling popular dipakai yaitu POP3. Protokol lain yang juga kerap dipakai yaitu IMAP. Adapun untuk kirim e-mail ke suatu server dipakai protokol SMTP.

PPP
Point to Point Protocol. Suatu protokol TCP/IP yang umum dipakai untuk mengkoneksikan suatu computer ke internet lewat saluran telephone serta modem.

PSTN
Public Switched Telephone Network. Sebutan untuk saluran telephone konvensional yang memakai kabel.

wdcfawqafwef