Istilah-istilah penting dalam internet bagian 3

Istilah-istilah penting dalam internet bagian 3



RFC
Request For Comments. Sebutan untuk hasil serta sistem untuk membuat suatu standard dalam internet. Suatu standard baru diusulkan serta dipublikasikan di internet juga sebagai suatu Request For Comments. Proposal ini setelah itu bakal di-review oleh Internet Engineering Task Force (IETF), suatu tubuh yang mengatur standarisasi di internet. Jika standard itu lalu diterapkan, jadi ia bakal terus dikatakan sebagai RFC dengan rekomendasi berbentuk nomer atau nama spesifik, umpamanya standard format untuk e-mail yaitu RFC 822.

Router
Suatu computer atau paket software yang dikhususkan untuk mengatasi koneksi pada dua atau lebih network yang terhubung lewat packet switching. Router bekerja dengan lihat alamat maksud serta alamat asal dari paket data yang melewatinya serta mengambil keputusan rute yang perlu dipakai oleh paket data itu untuk hingga ke maksud.

SDSL
Symmetric Digital Subscriber Line. Salah satu jenis DSL yang sangat mungkin transfer data untuk upstream ataupun downstream jalan pada kecepatan yang sama. SDSL biasanya berkerja pada kecepatan 384 kbps (kilobit per detik).

SGML
Standard Generalized Markup Language. Nama popular dari ISO Standard 8879 (th. 1986) yang disebut standard ISO (International Organization for Standarization) untuk pertukaran dokumen dengan cara elektronik berbentuk hypertext.

SMTP
Simple Mail Transfer Protocol. Protokol standard yang dipakai untuk kirim e-mail ke suatu server di jaringan internet. Untuk kepentingan pengambilan e-mail, dipakai protokol POP.

TCP/IP
Transmission Control Protocol/Internet Protocol. Satu set protokol standard yang dipakai untuk menghubungkan jaringan computer serta mengalamati jalan raya dalam jaringan. Protokol ini mengatur format data yang diperbolehkan, perlakuan kekeliruan (error handling), jalan raya pesan, serta standard komunikasi yang lain. TCP/IP mesti bisa bekerja di atas semua type computer, tanpa ada dipengaruhi oleh ketidaksamaan piranti keras ataupun system operasi yang dipakai.

Telnet
Piranti lunak yang di desain untuk terhubung remote host dengan terminal yang berbasis teks, umpamanya dengan emulasi VT100.

UDP
User Datagram Protocol. Salah satu protokol untuk kepentingan transfer data yang disebut sisi dari TCP/IP. UDP mengacu pada paket data yg tidak sediakan info tentang alamat aslinya waktu paket data itu di terima.

Upload
Aktivitas pengiriman data (berbentuk file) dari computer lokal ke computer yang lain yang terhubung dalam suatu network. Kebalikan dari aktivitas ini dimaksud download.

Upstream
Arti yang mengacu pada kecepatan aliran data dari computer lokal ke computer lain yang terhubung lewat suatu network. Arti ini adalah kebalikan dari downstream.

URI
Uniform Resource Identifier. Suatu alamat yang menunjuk ke suatu resource di internet. URI umumnya terbagi dalam sisi yang dimaksud skema (scheme) yang diikuti suatu alamat. URI dibuka dengan format skema :// alamat. resource atau skema : alamat. resource. Umpamanya, URI http :// yahoo. com tunjukkan alamat resource yahoo. com yang di panggil melalui skema HTTP Meskipun HTTP yaitu skema yang kerap dipakai, tetapi masih tetap ada skema-skema lain, umpamanya telnet, FTP, News, dsb.

URL
Uniform Resource Locator. Arti ini pada intinya sama juga dengan URI, namun arti URI semakin banyak dipakai untuk menukar URL dalam spesifikasi tehnis.

Usenet
Usenet news, atau di kenal dengan juga nama " Net news ", atau " news " saja, adalah suatu buletin board yang sangatlah besar serta menyebar di semua dunia yang bisa dipakai untuk bertukar artikel. Siapapun bisa terhubung Usenet news ini dengan program-program spesifik, yang umumnya dimaksud newsreader. Akses ke server news bisa dikerjakan dengan memakai protokol NNTP atau mungkin dengan membaca segera ke direktori spool untuk news yakni direktori di mana artikel ada (cara paling akhir ini telah tidak sering dikerjakan).

UUENCODE
Unix to Unix Encoding. Suatu cara untuk mengkonfersikan file dalam format Biner ke ASCII supaya bisa diantar lewat e-mail.

VOIP
Voice over IP. VoIP yaitu satu mekanisme untuk lakukan perbincangan telephone (voice) dengan menumpangkan data dari perbincangan lewat Internet atau Intranet (yang memakai tehnologi IP).

VPN
Virtual Private Network. Arti ini mengacu pada suatu network yang beberapa salah satunya terhubung dengan jaringan internet, tetapi jalan raya data yang lewat internet dari network ini sudah alami sistem enkripsi (pengacakan). Hal semacam ini bikin network ini dengan cara virtual " tertutup " (private).

WAP
Wireless Application Protocol. Standard protokol untuk aplikasi wireless (seperti yang dipakai pada hp). WAP adalah hasil hubungan kerja antar industri untuk bikin suatu standard yang terbuka (open standard). WAP berbasis pada standard Internet, serta sebagian protokol yang telah dioptimasi untuk lingkungan wireless. WAP bekerja dalam modus teks dengan kecepatan seputar 9, 6 kbps. Terakhir juga di kembangkan protokol GPRS yang mempunyai sebagian keunggulan dibanding WAP.

Webmail
Sarana pengiriman, penerimaan, ataupun pembacaan e-mail lewat fasilitas situs.

Wi-Fi
Wireless Fidelity. Standard industri untuk transmisi data dengan cara nirkabel (wireless) yang di kembangkan menurut standard spesifikasi IEEE 802. 11.

WWW
World Wide Situs atau " situs " saja, yaitu suatu system di mana info berbentuk teks, gambar, nada, dan sebagainya dipresentasikan berbentuk hypertext serta bisa dibuka oleh piranti lunak yang dimaksud browser. Info di situs biasanya ditulis dalam format HTML. Info yang lain di sajikan berbentuk grafis (dalam format GIF, JPG, PNG), nada (dalam format AU, WAV), serta objek multimedia yang lain (seperti MIDI, Shockwave, Quicktime Movie, 3D World). WWW digerakkan dalam server yang dimaksud HTTPD.

wdcfawqafwef