Istilah-istilah dalam internet bagian 1



Istilah-istilah dalam internet bagian 1

ADN
Advanced Digital Network. Umumnya mengacu pada saluran leased line berkecepatan 56Kbps.

ADSL
Asymetric Digital Subscriber Line. Suatu jenis DSL di mana upstream serta downstream jalan pada kecepatan yang tidak sama. Dalam soal ini, downstream umumnya lebih tinggi. Konfigurasi yang umum sangat mungkin downstream sampai 1, 544 mbps (megabit per detik) serta 128 kbps (kilobit per detik) untuk upstream. Dengan cara teori, ASDL bisa melayani kecepatan sampai 9 mbps untuk downstream serta 540 kbps untuk upstream.

Anonymous FTP
Website FTP yang bisa dibuka tanpa ada mesti mempunyai login spesifik. Ketentuan standard dalam terhubung Anonymous FTP yaitu dengan mengisikan " Anonymous " pada isian Username serta alamat e-mail juga sebagai password.

ARPANet
Advanced Research Projects Agency Network. Jaringan sebagai cikal-bakal terbentuknya Internet. Di bangun pada akhir dasawarsa 60-an sampai awal dasawarsa 70-an oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat juga sebagai percobaan untuk membuat suatu jaringan bertaraf besar (WAN) yang menghubungkan komputer-komputer di beragam tempat dengan system yang berlainan juga tetapi bisa dibuka juga sebagai suatu kesatuan agar bisa sama-sama memakai resource semasing.

ASCII
American Standard Code for Information Interchange. Standard yang berlaku di semua dunia untuk kode berbentuk angka yang merepresentasikan karakter-karakter, baik huruf, angka, ataupun lambang yang dipakai oleh computer. Ada 128 ciri-ciri standard ASCII yang semasing direpresentasikan oleh tujuh digit bilangan biner dari mulai 0000000 sampai 1111111.

Backbone
Jalur berkecepatan tinggi atau satu seri koneksi sebagai jalur paling utama dalam suatu network.

Bandwidth
Besaran yang tunjukkan banyak data yang bisa ditinggalkan di satu saluran komunikasi pada network dalam unit saat spesifik.

Binary
Biner. Yakni info yang semuanya tersusun atas 0 serta 1. Arti ini umumnya mengacu pada file yang bukanlah berformat teks, seperti file grafis.

Bit
BInary digiT. Unit paling kecil dalam komputasi, terbagi dalam suatu besaran yang mempunyai nilai pada 0 atau 1.

bps
Bit Per Seconds. Ukuran yang menyebutkan seberapa cepat data dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain.

Broadband
Saluran transmisi data dengan kecepatan tinggi dan kemampuan bandwidth yang semakin besar dari pada saluran telephone konvensional.

Browser
Sebutan untuk piranti lunak (software) yang dipakai untuk terhubung World Wide Web

Byte
Beberapa kumpulan bit yang merepresentasikan suatu ciri-ciri tunggal. Umumnya 1 byte bakal terbagi dalam 8 bit, tetapi dapat pula lebih, bergantung besaran yang dipakai.

CGI
Common Gateway Interface. Beberapa kumpulan ketentuan yang mengarahkan bagaimanakah suatu server situs berkomunikasi dengan beberapa software dalam mesin yang sama serta bagaimanakah beberapa dari software (CGI Program) berkomunikasi dengan server situs. Tiap-tiap software bisa jadi suatu program CGI jika software itu bisa mengatasi input serta output berdasar pada standard CGI.

cgi-bin
Nama yang umum dipakai untuk direktori di server situs di mana program CGI disimpan.

Chat
Dengan cara harfiah, chat bisa disimpulkan juga sebagai percakapan, tetapi dalam dunia internet, arti ini mengacu pada aktivitas komunikasi lewat fasilitas baris-baris tulisan singkat yang diketikkan lewat keyboard.

DNS
Domain Name Service. Adalah service di Internet untuk jaringan yang memakai TCP/IP. Service ini dipakai untuk mengidentifikasi suatu computer dengan nama bukanlah dengan memakai alamat IP (IP address). Secara singkat DNS lakukan konversi dari nama ke angka. DNS dikerjakan dengan cara desentralisasi, di mana tiap-tiap daerah atau tingkat organisasi mempunyai domain sendiri. Semasing memberi servis DNS untuk domain yang dikelola.



wdcfawqafwef